565 × 318 - hollywoodreporter.com

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 20 Maret 2013

Selain Senjata & Panser, Pindad Produksi Generator Listrik


Foto: Dok. detikFinance
Manado - BUMN produsen alat utama sistem persenjataan (alutsista) asal Bandung, Jawa Barat, PT Pindad (persero) ternyata bisa membuat generator listrik berkapasitas cukup besar. Pindad telah bisa memasok generator berkapasitas maksimal 15 Mega Watt untuk keperluan pembangkit listrik milik PT PLN (Persero).

Dengan kemampuan di bidang permesinan, Pindad bisa menjual generator dengan harga 20% lebih murah daripada produk sejenis yang biasanya harus diimpor dari luar negeri.

"Yang bisa membuat sampai 15 MW, itu cuma Pindad saja. Jadi kalau kapasitas lebih dari itu, dibeli dari impor," tutur Direktur Utama Pindad Andik Avianto kepada detikFinance di Manado Sulawesi Utara pekan lalu.

Kemampuan membuat generator ini, diperoleh dari lisensi yang diperoleh Pindad saat masih dipegang oleh Menristek BJ Habibie. Saat itu, kemampuan Pindad membuat generator hanya berkapasitas 5 MW, kemudian berhasil mengembangkan dan meningkatkan hingga menjadi 15 MW.

Saat ini, Pindad telah menjalin kerjasama untuk memasok generator proyek pembangkit baru milik PLN. "Kita kembangkan sampai 15 MW, yang sudah terbukti di sini (pembangkit Geothermal di Sulawesi Utara) 9 MW, Timika 7 MW," tambahnya.

Kandungan lokal di generator buatan Pindad ini, sebagian besar merupakan komponen lokal. Namun ada komponen kawat tembaga yang harus diimpor karena tidak diproduksi di dalam negeri.

"Itu dari Prancis. Bukan kita nggak mau pakai (di dalam negeri) tapi nggak ada yang jual di dalam negeri," cetusnya.