565 × 318 - hollywoodreporter.com

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 06 April 2013

Keunggulan Lokomotif Kereta Buatan Indonesia


Jakarta • Indonesia punya pabrik pembuat kereta sejak tahun 1980an. Pabrik itu milik PT Industri Kereta Api (INKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pembuat berbagai jenis kereta yang bermarkas di Madiun Jawa Timur.

Perusahaan pelat merah ini sanggup memproduksi berbagai produk kereta, bahkan ada yang telah dijual ke luar negeri. Salah satu produk terbaru INKA adalah lokomotif penarik kereta anti banjir.

Lokomotif ini, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lokomotif sejenis yang diproduksi oleh pabrikan lokomotif dunia asal Amerika Serikat, General Electric (GE). Lokomotif dengan seri CC 330 dan dibandrol dengan harga Rp 25 miliar hingga Rp 30 miliar ini, dirancang untuk menarik kereta penumpang dan gerbong barang.

Mau tahu, keunggulan dan penampakan lokomotif asli produksi Indonesia? Berikut ini, hasil penelusuran detikFinance, Selasa (2/4/2013).

• Desain Kepala yang 'Garang'

Lokomotif produksi INKA ini, memiliki warna dominan merah. Dengan konsep double cabin yakni terdapat ruang kemudi bagi masinis di depan dan belakang, lokomotif ini tampak garang dari depan. Jika diperhatikan lebih jauh lagi, dari depan, lokomotif ini tampak seperti kepala truk. Desain lokomotif ini, murni dirancang oleh tenaga ahli di INKA.

• Dua Kabin Masinis

Pada ruang kabin masinis, terdapat dua buah kursi empuk di depan ruang kemudi. Dilengkapi dengan pendingin udara dan peralatan canggih, membuat masinis merasa nyaman berada di kabin lokomotif.

Bahkan lokomotif ini, berkonsep double cabin yakni terdapat 2 kabin yang berada di depan dan di belakang lokomotif. Selain itu, masinis tidak perlu memanjat keluar untuk pindah ke kabin belakang atau sebaliknya karena ada penghubung atau ruang kecil kecil yang bisa menyambungkan antar kabin. Hal ini, tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan GE.

• Kamera Pengawas

Lokomotif yang baru diproduksi sebanyak 5 unit ini, dilengkapi dengan kamera pengintai. Kamera ini, terdapat di sebelah kanan dan kiri lokomotif. Masinis tanpa perlu harus menegok ke belakang, cukup melihat dari layar yang terdapat di dalam cabin, bisa mengamati ke belakang seperti kereta penumpang yang sedang ditarik.

• Anti Banjir

Lokomotif CC 330 ini, ternyata tahan melewati banjir. Bahkan pengakuan seorang teknisi INKA, dengan mesin diesel hidrolik terdapat di atas, lokomotif ini tahan melewati banjir setinggi 1 meter. Hal ini didesain karena beberapa jalur rel di Indonesia kerap tergenang banjir. Hal ini tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan GE. Karena kereta tersebut, memiliki mesin di bawah sehingga rentan mogok saat melewati banjir.

• Dilengkapi Mesin Pembangkit Listrik

Di dalam lokomotif buatan INKA ini, terdapat mesin yang dirancang secara khusus sebagai mesin pembangkit untuk aliran listrik ke gerbong atau kereta penumpang. Listrik dari lokomotif ini, digunakan untuk membangkitkan fasilitas elektronik di kereta seperti pendingin udara dan penerangan.

Dengan adanya mesin pembangkit menyatu di dalam lokomotif, INKA mengklaim tidak perlu lagi ada kereta khusus pembangkit yang menempel di dalam rangkaian kereta. Hal ini tentunya, bisa menambah daya angkut karena kereta pembangkit digantikan oleh kereta penumpang.