565 × 318 - hollywoodreporter.com

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 01 April 2013

40 Esemka Siap Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

Jakarta - Mobil asal Solo Esemka sudah sangat dinanti oleh konsumennya. Tak jarang banyak peminatnya yang bertanya-tanya kapan mobil tersebut hadir di Tanah Air.

Menanggapi banyaknya pertanyaan, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai agen resmi mobil nasional Esemka pun mengatakan siap mengirim mobil Esemka ke konsumen. Jika tidak ada halangan PT SMK siap mengirimkan 40 unit Esemka ke konsumen bulan depan.

"Yang siap dikirim 20-40 unit di bulan April, sisanya akan bertahap," kata Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Sabar Budi kepada detikOto, Sabtu (30/3/2013).

Menurut Sabar, PT SMK tengah menunggu komponen yang diimpot dari luar negeri untuk bisa merampungkan produksi mobil Esemka. Faktor tersebut yang membuat kegiatan produksi Esemka agak tersendat.

Selain itu faktor kesiapan pabrik perakitan menjadi kendala besar PT SMK. Pasalnya saat ini SMK hanya mengandalkan pabrik perakitan di Tangerang, sementara itu pabrik perakitan di Gresik, Madiun dan di dearah lain belum siap.

Dia mengungkapkan kapasitas produksi SMK di Tangerang dan sekitarnya untuk sementara hanya mencapai 50 unit per bulan. Jika seluruh pabrik perakitan siap maka kapasitas produksi otomatis bertambah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT SMK bakal memiliki 33 pabrik perakitan dalam waktu dekat di Indonesia. Pabrik perakitan tersebut akan menunjang bisnis industri otomotif Esemka.

"Komponen baru dikirim, yang kita pasok ke assembly belum lengkap. Karena lini produksi kami bertahap termasuk ada yang muncul baru di Gresik dan Madiun. kekuatan kita masih di Tangerang. Kapasitas produksi target 50 unit per bulan karena itu kami mengintegrasikan dengan beberapa ruang perakitan, itu kita perbanyak," pungkasnya.